Fitur Tersembunyi di Android 12 dan Cara Menggunakannya

Google merilis beta kelima dan terakhir untuk Android 12 pada awal September dan mencatat bahwa rilis resmi hanya "beberapa minggu". Build saat ini adalah kandidat rilis, yang berarti, jika tidak ada bug atau masalah besar, kemungkinan build akan sama pada rilis resmi. 


Jika Anda memiliki ponsel yang kompatibel, Anda dapat menginstal Android 12 sekarang juga melalui program beta publik Google. Ini akan memberi Anda akses awal ke hal-hal seperti fitur privasi baru Android 12, dan tampilan Android yang benar-benar baru -- yang terbesar hingga saat ini.


Fitur Tersembunyi di Android 12 dan Cara Menggunakannya

Tapi, seperti yang sering saya katakan ketika sistem operasi baru dirilis, fitur terbaik biasanya yang tersembunyi. Ini adalah fitur yang belum diumumkan, tetapi Anda harus menggali ke dalam sistem operasi untuk menemukannya. Misalnya, ada mode permainan khusus di Android 12, tetapi terkubur di aplikasi Pengaturan. Ada juga pintasan ke riwayat pemberitahuan perangkat Anda ketika Anda secara tidak sengaja mengabaikan peringatan.


Saya masih menggali melalui Android 12 dan apa yang ditawarkannya, tetapi sejauh ini saya telah menemukan empat fitur tersembunyi yang pasti berguna.


Android 12 menyimpan riwayat notifikasi Anda dengan satu ketukan

Apakah Anda pernah menghapus notifikasi tanpa membacanya? Saya melakukannya sepanjang waktu. Android telah menawarkan riwayat pemberitahuan perangkat untuk beberapa waktu sekarang, tetapi Anda harus tahu di mana mencarinya, atau Anda harus memasang aplikasi pihak ketiga untuk melihatnya.


Di Android 12, yang harus Anda lakukan adalah menggulir ke bagian bawah bayangan pemberitahuan Anda, di mana Anda akan melihat tombol Riwayat baru. Ketuk, dan Anda akan melihat pemberitahuan yang baru saja dihapus serta peringatan dari 24 jam terakhir.


Jika Anda melihat Kelola alih-alih Riwayat, itu karena Riwayat Pemberitahuan tidak diaktifkan. Aktifkan dengan mengetuk Kelola, lalu pilih Riwayat Pemberitahuan dan geser sakelar ke posisi Nyala.


Android 12 membuat ponsel besar terasa lebih kecil


Mode satu tangan baru di Android 12 mungkin bukan fitur utama, tetapi ini dapat membuat perbedaan besar dalam cara Anda menggunakan ponsel. Ini terutama benar jika Anda menggunakan ponsel dengan layar besar, seperti Galaxy S21 Ultra.


Mode satu tangan yang baru memindahkan bagian atas dari apa pun yang ada di layar Anda ke bagian bawah, membuatnya lebih mudah untuk mengetuk ubin pengaturan cepat atau pemberitahuan. Untuk menggunakannya, letakkan jari di bilah kecil di bagian bawah layar ponsel Anda dan geser ke bawah. Mungkin perlu beberapa kali percobaan, tetapi setelah Anda mengetahui gerakannya, mudah untuk mereproduksinya.


Namun, sebelum Anda dapat melakukannya, Anda harus menyalakannya dengan masuk ke Pengaturan > Sistem > Gerakan > Mode Satu Tangan dan geser sakelar ke posisi Nyala. Di bawah tombol untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda akan memiliki dua opsi: Tarik layar ke dalam jangkauan atau Tampilkan pemberitahuan. Pilih opsi pertama dan kemudian tutup aplikasi Pengaturan.


Ada mode permainan khusus di Android 12, tetapi Anda belum dapat menggunakannya (belum)

Jika Anda memainkan banyak game di perangkat Android, Anda akan senang mengetahui bahwa Google menambahkan Mode Permainan khusus ke Android 12. Saat diaktifkan, ponsel Anda akan melakukan hal-hal seperti otomatis menyala, jangan ganggu saat Anda mulai bermain.


Tetapi Anda tidak akan pernah tahu mode itu ada jika Anda tidak menjelajah jauh ke dalam, dari semua tempat, pengaturan notifikasi Anda. Lebih khusus lagi, buka Pengaturan > Pemberitahuan > Jangan Ganggu > Jadwal. Sesampai di sana, centang kotak di sebelah Game Mode untuk menyalakannya. Selanjutnya, ketuk ikon roda gigi Pengaturan dan alihkan kedua item.


Dalam pengalaman singkat saya mengujinya, mode permainan tidak berfungsi di setiap game (melihat Anda, Asphalt 9). Namun, itu berfungsi di Call of Duty Mobile. Saat aktif, Anda dapat melakukan hal-hal seperti memaksa ponsel Anda untuk mengoptimalkan dirinya sendiri untuk bermain game dalam satu ketukan atau melihat bingkai perangkat Anda saat ini per detik.


Android 12 memiliki opsi tata letak aplikasi baru, tetapi mungkin hanya untuk Pixel

Kisi aplikasi di layar beranda ponsel Anda biasanya berkisar pada kisi 4x4, 5x5, atau 6x6 (atau kombinasi serupa). Namun, di Android 12 pada Pixel 5, ada opsi kisi aplikasi baru yang sangat lucu pada pandangan pertama -- 2x2. Saya berasumsi ini terbatas hanya pada ponsel Pixel, tetapi mudah-mudahan, pembuat ponsel lain mengadopsinya, karena ini adalah fitur aksesibilitas yang sangat besar bagi mereka yang membutuhkan ikon aplikasi yang lebih besar.


Beralih ke tata letak 2x2 baru dengan menekan lama di layar beranda, lalu pilih Gaya & Wallpaper> Kisi > 2x2.


Kami tidak tahu kapan Google akan secara resmi merilis Android 12, tetapi sampai saat itu pastikan untuk memeriksa fitur Android 12 favorit kami sejauh ini. Dan jika Anda siap (baca: cukup berani) untuk mengambil risiko.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fitur Tersembunyi di Android 12 dan Cara Menggunakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

/>