Begini Cara Mengatur Homescreen di Android 12

Jika Anda sudah memiliki ponsel Android untuk waktu yang lama, mudah untuk membiasakan diri dengan, yah, kekacauan. Jika Anda seperti saya, Anda terus-menerus menambahkan aplikasi baru, memutuskan mereka baik-baik saja tetapi tidak hebat, menambahkan yang lain, dan seterusnya. Kemudian, beberapa bulan kemudian, saat Anda menggulir melalui laci aplikasi Anda, Anda terkejut melihat beberapa aplikasi yang Anda lupakan dan mungkin bahkan tidak ingat untuk apa aplikasi itu digunakan.


Dalam waktu yang sangat singkat, itu bisa menjadi berantakan. Dan jika Anda benar-benar penggemar aplikasi, itu bisa mulai menghabiskan lebih banyak ruang daripada yang bisa Anda luangkan.


Begini Cara Mengatur Homescreen di Android 12

Pada dasarnya ada dua langkah untuk memahami semua aplikasi Android tersebut: temukan cara untuk mengaturnya (dan ada berbagai cara, tergantung pada apa yang Anda sukai) dan secara berkala menghapus semua aplikasi tambahan yang Anda ' sudah terakumulasi dan tidak digunakan lagi. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda melakukan keduanya. Jika Anda baru mengenal Android, ini dapat membantu Anda tetap teratur sejak hari pertama; jika Anda adalah pengguna yang berpengalaman, Anda dapat mengambil beberapa tips.


Saat Anda membaca saran ini, ingatlah bahwa tidak semua antarmuka Android sama. Cara ini dibuat menggunakan Pixel 3 XL yang menjalankan Android 12 beta, jadi antarmuka Anda mungkin sedikit berbeda, tergantung pada model ponsel Anda dan versi Android yang Anda jalankan.


TERORGANISASI

Paling dasar (dan siapa pun yang memiliki ponsel Android selama lebih dari satu atau dua minggu dapat melewatkan sedikit), Anda cukup menggunakan laci aplikasi, yang diakses dengan menggesek ke atas dari bagian bawah ponsel atau (jika Anda telah menyimpan tombol navigasi di bagian bawah layar) dengan menekan ikon aplikasi di bagian tengah bawah layar Anda. Tempatkan aplikasi yang paling sering Anda gunakan di satu atau beberapa layar beranda dengan menekan lama dan menyeretnya keluar dari laci aplikasi.


Laci aplikasi (untungnya) diatur dalam urutan abjad, dengan aplikasi yang terakhir Anda gunakan di atas. Gesek ke atas untuk menelusuri aplikasi atau ketik nama aplikasi di bilah pencarian di bagian atas.


Namun, setelah Anda mulai mengumpulkan aplikasi, Anda mungkin ingin menghemat waktu dengan membuat sistem yang lebih terstruktur.


ISI BAKI FAVORIT

Anda dapat dengan cepat mengakses aplikasi yang paling sering digunakan dengan meletakkannya di Baki Favorit, baris bawah aplikasi yang berada tepat di atas bidang pencarian dan selalu tersedia, terlepas dari layar beranda mana yang telah Anda geser.


Baki sudah diisi dengan aplikasi? Tidak masalah.


Tekan lama pada aplikasi yang tidak perlu lagi Anda simpan di baki favorit. Pindahkan ke tempat lain di beranda, atau pindahkan ke atas hingga Anda melihat pilihan Hapus dan Hapus Instalasi di bagian atas layar. Pilih satu dan pindahkan aplikasi ke sana.

Tekan lama pada aplikasi dari layar beranda atau dari laci aplikasi, dan pindahkan ke dalam baki.


BUAT FOLDER DI HOMESCREEN ANDA

Cara yang baik untuk mengatur aplikasi Anda adalah dengan menggunakan folder. Misalnya, Anda dapat meletakkan semua aplikasi musik dan podcast Anda ke dalam folder bernama “Dengarkan”, atau semua aplikasi media sosial Anda ke dalam folder bernama “Sosial.” Sangat mudah untuk membuat folder.

  • Letakkan dua aplikasi pertama yang ingin Anda sertakan di layar beranda.
  • Tekan lama satu dan pindahkan di atas yang lain. Ini akan membuat folder baru.
  • Beri nama folder: ketuk folder, ketuk nama tepat di bawah aplikasi (jika Android belum memberikan nama, mungkin akan tertulis "Edit Nama"), dan ketik nama baru Anda.
  • Anda dapat menambahkan lebih banyak aplikasi ke folder dengan menekan lama pada aplikasi lain dan memindahkannya ke dalam folder.
  • Hapus aplikasi dari folder dengan membalikkan proses itu: tekan lama pada aplikasi dan pindahkan dari folder ke beranda. Jika Anda hanya memiliki dua aplikasi di folder tersebut, folder tersebut akan hilang.


SINGKIRKAN APLIKASI YANG TIDAK DIGUNAKAN

Terkadang ketika saya menginstal aplikasi baru, saya akan segera tahu bahwa itu bukan untuk saya, dan saya menghapusnya saat itu juga. Sayangnya, lebih sering, saya akan mencoba aplikasi, memutuskan bahwa saya mungkin ingin menggunakannya di masa mendatang, dan saya meninggalkannya di sana. Di mana ia duduk. Selama berbulan-bulan. Atau bertahun-tahun.


Setelah Anda mulai mengumpulkan aplikasi, sangat mudah untuk melupakan aplikasi yang tidak Anda butuhkan lagi. Tetapi membiarkan aplikasi lama tetap ada di ponsel Anda mungkin tidak berbahaya seperti yang terlihat. Mereka tidak hanya mengambil ruang penyimpanan yang berguna, tetapi mereka mungkin mengumpulkan data yang tidak perlu (dengan asumsi Anda memberi mereka izin untuk itu). Dan jika mereka bekerja di latar belakang, mereka dapat menghabiskan baterai Anda.


Akibatnya, tidak ada salahnya untuk memeriksa aplikasi apa yang belum Anda gunakan baru-baru ini dan menghapusnya dari ponsel Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan ini.


GUNAKAN LAMPIRAN APLIKASI

Ya, ini yang jelas, tetapi harus dikatakan. Luangkan sedikit waktu untuk membersihkan laci aplikasi Anda: buka, dan lihat apa yang ada di dalamnya. Anda mungkin terkejut dengan apa yang telah Anda lupakan dan apa yang mungkin tidak lagi Anda butuhkan. Apa pun yang tidak Anda perlukan, geser ke atas untuk mencopot pemasangan.


KUNJUNGI PLAY STORE

Ini tidak sesederhana pergi ke Laci Aplikasi Anda atau seefisien Files by Google, tetapi jika Anda kebetulan berada di Play Store dan ingin menyingkirkan beberapa aplikasi yang tidak perlu untuk menginstal beberapa yang baru, ada caranya.

  • Setelah di Play Store, ketuk ikon pribadi Anda di sudut kanan atas dan pilih "Kelola aplikasi & perangkat."
  • Jika Anda ingin melihat aplikasi mana yang perlu diperbarui, cari "Pembaruan tersedia" dan ketuk "Lihat detail". Anda juga dapat mengetuk "Perbarui semua" jika itu yang ingin Anda lakukan.
  • Jika tidak, ketuk tab "Kelola" di bagian atas layar.
  • Anda akan melihat daftar aplikasi yang Anda instal. Anda dapat mengklik daftar untuk melihat apa yang dilakukan pembaruan terbaru, atau jika Anda ingin menghapus instalasi apa pun, ketuk kotak centang di sebelah kanan setiap entri dan kemudian pada ikon tempat sampah yang muncul di atas.
  • Jika Anda ingin melihat daftar aplikasi yang dihapus, ketuk label "Terpasang" di bagian atas layar dan pilih "Tidak terpasang." Ini bisa berguna jika Anda secara tidak sengaja menghapus sebuah aplikasi dan kemudian berpikir, “Saya seharusnya tidak melakukan itu,” atau Anda tiba-tiba teringat sebuah aplikasi yang ingin Anda gunakan lagi. Gunakan kotak centang di sebelah kanan setiap entri untuk menginstal ulang aplikasi apa pun. (Jika aplikasi telah dihapus dari Play Store, itu tidak akan ada dalam daftar ini.)
  • Ketuk garis paralel di sebelah kanan dan Anda akan dapat mengurutkan berdasarkan nama, paling sering digunakan, paling jarang digunakan, baru saja diperbarui, atau ukurannya. Ini bisa sangat berguna jika Anda kehabisan ruang dan ingin mencari tahu aplikasi mana yang harus disingkirkan.
  • Tab lain di bagian "Kelola" termasuk "Pembaruan tersedia" dan "Game".


COBA FILE OLEH GOOGLE

Files by Google adalah aplikasi yang sangat berguna yang, antara lain, membantu Anda menyingkirkan file yang tidak dibutuhkan yang menghabiskan ruang. Jika Anda memutuskan untuk menginstal File, ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menyingkirkan aplikasi yang tidak digunakan.


Jika belum dipilih, ketuk ikon "Bersihkan" di bagian bawah layar.

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian berlabel "Hapus aplikasi yang tidak digunakan." Ketuk "Pilih aplikasi."

Anda dapat melihat berapa banyak ruang yang digunakan setiap aplikasi dan tanggal terakhir digunakan. Dengan mengetuk garis paralel di kanan atas, Anda dapat mengurutkan daftar berdasarkan terlama > terbaru, terbaru > terlama, terbesar > terkecil, terkecil > terbesar, atau menurut abjad.

Ketuk lingkaran di sebelah kanan setiap aplikasi untuk memilih yang ingin Anda hapus, lalu ketuk tombol "Copot" di bawah.


GUNAKAN APLIKASI LAIN

Ada berbagai aplikasi Android yang tersedia di Play Store selain Files by Google yang dapat membantu. Untuk memulainya, ada pengelola file lain yang dapat mempermudah melacak dan mengelola konten ponsel Anda, seperti Manajer File Plus dan Manajer File: gratis dan mudah. (Faktanya, ada beberapa aplikasi bernama "File Manager" di Play Store.)


Beberapa membuat overlay untuk membantu Anda mengatur homescreen Anda. Jina, misalnya, memungkinkan Anda membuat bilah sisi yang menarik keluar dari sisi layar Anda dan memberi Anda tampilan daftar yang ringkas dari semua aplikasi Anda. Taskbar menempatkan menu mulai seperti Windows yang dapat dikonfigurasi di layar Anda.


Jika Anda ingin lebih mengontrol lingkungan Android Anda, ada peluncur seperti Nova yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan laci aplikasi dan layar beranda secara lebih menyeluruh dengan ikon, animasi, dan tata letak yang berbeda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Mengatur Homescreen di Android 12"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

/>